Membeli Ipad Pro Refurbished Resmi Langsung dari Amerika

by | Jul 23, 2019 | Post Bahasa Indonesia, Reviews, Tech Reviews

Bulan Juni lalu, gw ulang tahun dan gw selalu ngasih kado untuk diri gw sendiri setiap tahunnya, yaitu kado yang hanya gw sendiri yang bisa memberikannya untuk diri gw. Biasanya berupa new gained skills; seperti kursus dan belajar skill baru. Tahun ini bisa dibilang gw belajar banyak skill baru banget, dari graphic design, web design, yoga teaching, dll. Namun tahun ini gw juga memberikan kado lain yang berupa barang untuk diri gw, karena menurut gw kerja keras gw selama ini perlu dihargai, berhubung juga income gw sekarang udah bertambah. Jadi gw memutuskan untuk membeli Ipad Pro yang mana udah lama banget gw idam-idamkan, mungkin udah setahun ngidam, baru brojolnya sekarang, hehe.

Untuk barang elektronik, dan mostly hampir barang-barang gw yang mahal harganya, gw lebih memilih untuk beli di luar negeri ketimbang di Indonesia karena pajak di negara kita kan mehong bener, beda harga bisa lebih 2 jutaan, semakin mahal harga barangnya semakin tinggi gap harganya. Contohnya, yoga mat gw yang harganya di Indonesia di atas 1,5 juta, gw beli hanya 400ribuan dari temen gw di Jepang. Begitu juga kali ini, gw memutuskan untuk membeli dari luar negeri.

Kenalan-kenalan gw dari USA memberi saran kalo mendingan beli yang refurbished aja karena Apple Inc resmi di US memang punya program refurbished dan trade in produk Apple lama dengan produk baru (ya nambah dikit gitu harganya). Nah, sayangnya program ini hanya tersedia untuk daerah USA dan Canada. Jadi kalo ada embel-embel produk refurbished yang berkeliaran di luar daerah tersebut, patut dipertanyakan kualitasnya dan mendingan gak usah coba-coba. Klik disini untuk browsing produk refurbished resmi dari Apple Amerika.

Refurbished disini ada beberapa kemungkinan:

1. Produk yang masih baru banget dan belum laku terjual tapi Apple udah keburu launching produk baru. Seperti yang kita tahu, Apple kan gengsinya tinggi banget, kalo udah keluarin produk baru, mereka mana mau lagi reproduce produk-produk lama. Jadi produk lama yang belum kejual itu dikasih label ‘refurbished’.

2. Kemungkinan kedua adalah barang baru beli yang diretur ke Apple karena ada defect yang minor, lalu diperbaiki ulang lagi oleh Apple, diganti dengan spare parts yang baru dan memasuki proses quality control oleh Apple lagi.

Jadi sebenernya produk refurbished yang resmi dari Apple ini sama aja kayak produk baru, original lagi! Harganya pun jauh lebih murah ketimbang harga produk yang sama di Indonesia. Di Indonesia dan Malaysia, saat ini iPad Pro 10.5 masih dianggap produk baru, harganya masih 11 jutaan (Per Juni 2019), belum lagi ditambah Apple pencilnya seharga 2 juta, jadi total 13 juta kalo beli di Indonesia.

Untuk produk refurbished, gak ada yang keluaran terbaru, karena kita harus nunggu beberapa lama dulu sampe Apple launching produk baru lagi untuk nunggu iPad Pro 2019 untuk masuk kategori refurbished. Emang nice sih iPad Pro 2019, tapi gw udah kesengsem dan gak mau nunggu lagi, mumpung momentnya juga pas ulang tahun gw. Jadi gw membeli iPad Pro 10.5 yang masih menggunakan Apple pencil 1st generation.

Gw juga udah menimbang-nimbang dengan nonton seabrek reviews selama setahun, haha. iPad Pro 2019 emang bagus tapi harganya masih sekitar 19 atau 20 jutaan di US (di Indonesia harganya 25 juta, per Juni 2019) dan kayaknya fiturnya gw belum terlalu butuh, kayak movie editing. Tetep juga gw kalo mau bikin animation untuk kerja di After Effect kan. Gw bakal cuma gunain ini buat gambar doang, pengganti kertas dan buku. Terus gw kan masih graphic designer pemula, gw lihat di videonya Chris Do, mereka aja masih pake iPad Pro generasi yang sama, masa gw yang masih ecek-ecek mau ngalahin The Futur! Hehe.

Gw gak akan review specsnya karena kalian bisa baca disini dan udah banyak review yang dari sisi tech nya. Berhubung gw tinggal di Bali dan punya banyak kenalan dari luar negeri, jadi gw tanya kenalan-kenalan gw, siapa yang lagi di US dan berencana ke Bali dan apa bisa gw titipin barang. Tentunya harus sama orang yang bisa lw percaya yah, nah kebetulan banget suaminya mentor gw saat itu lagi pulkam ke US dan balik 3 minggu lagi, jadi gw bisa nitip sama dia. Secara dese mentor gw dan dia tajir banget, gak mungkin banget kayaknya dia minat nilep iPad Pro gw yang mana refurbished dan produk lama sedangkan dia sendiri beliin iPad Pro 12.9 terbaru buat anaknya, hehe.

Total belanjaan gw (iPad Pro 10.5 yang 64 GB, Apple Pencil 1st gen) plus ongkir dan tax adalah cuma USD 607, yang mana cuma 8 jutaan! Mendingan banget kalo dibanding beli di Indo seharga 13 juta, beda 4.5jutaan kan bok!

Setelah menunggu selama 3 minggu, akhirnya iPadnya sampe di gw di tanggal 20 Juni 2019 lalu, 9 hari lewat ultah gw. Waktu gw order dari situsnya, barangnya juga cepet banget sampe di alamatnya suami mentor gw, cuma sehari! Terus gw selalu diupdate sama Apple tentang order gw, gw juga dikasih waktu buat konsultasi gratis buat ngomong langsung dengan Apple representatives, emang beda banget ya experiencenya belanja langsung dari Apple, ketimbang dari reseller seperti iBox sekalipun.

Gw juga membeli screen protector yang matte dan paperlike dari Tokopedia. Tapi saking kegirangannya, gw salah baca, yang gw beli malah screen protector buat body belakangnya, haha! Alhasil gw harus motong-motong dulu deh biar sesuai sama ukuran layar! Trus gw juga membeli cover ipad yang ada tempat buat naro pensilnya sekalian, dari Lazada, cuma 200rb, lumayan dibanding beli di iBox harga 700rban!

Bagi gw, ukuran 10.5 inch adalah ukuran yang pas buat dibawa kemana-mana dan ngegambar. Toh gw udah punya drawing monitor XP Pen Artist 15.6 kalo untuk kerja, iPad Pro gw ini cuma buat portable drawing dan dibawa kemana-mana, jadi gw bisa ngegambar dimana aja tanpa harus setup kabel segala. Aplikasi yang gw install pun cuma Procreate, Adobe Draw, Pinterest dan Netflix. Gak ada aplikasi lain, apalagi applikasi untuk social media dan email, karena gw gak mau disaat gw lagi asik-asik gambar malah keganggu sama email dari client, waduh!

Drawing experience yang gw rasain adalah superb banget, sesuai review! Emang belum ada yang ngalahin iPad dan Apple Pencil, sampe lw bisa make sisi samping pensilnya, kayak pensil beneran!

Apakah iPad Pro bisa ngegantiin kerja dengan laptop?? Menurut gw tergantung kerjaan design lw apa dan style gambar lw gimana. Bagi gw enggak, karena gw terbiasa dengan Adobe Illustrator, style gw flat drawing. Untuk orang yang terbiasa membuat digital illustration di program raster seperti Photoshop, ini bisa banget. Tapi jujur gw gak ngerti gimana kerja di Adobe Photoshop buat illustrasi (kecuali buat nambahin tekstur), karena kalo ada revision, itu makan waktu lama dibanding dengan menggunakan Adobe Illustrator (ya judulnya aja udah ‘illustrator’, dibuat ya emang untuk digital illustration!), tapi gw kenal beberapa designer dan illustrator (salah satunya illustrator kondang gitu, followersnya ratusan ribu dan client2nya gede-gede seperti The NewYorker, Guardian, Hufftington Post, etc.) dan kerjanya menggunakan Adobe Photoshop karena udah terlanjur belajarnya dari dulu pake itu dan males belajar hal baru kali yak, hehe.

Trus iPad (seperti produk-produk Apple lainnya) berfungsi banget untuk naekin gengsi (dan harga) kalo ketemu client! Haha, percaya atau enggak, kalo ketemu client bawa laptop windows dan bawa Macbook, dealnya bisa beda lho! Jadi pas gw iPad buat ngasih sketch kasar dan note taking pas client meeting, mereka amazed gitu, haha!

Satu hal yang menurut gw mengganjal adalah cara charging Apple Pencilnya, yang menurut gw bad design banget ya bok! Haha bahkan company seperti Apple aja masih bisa blunder lho designnya, jadi memberikan gw harapan gitu deh sebagai designer, that mistakes are very human, no matter how expert you are in a field!

About the gal

Hey there!

I'm Citra Ayu, a fashion designer-turned-graphic designer, living her best life in Bali, Indonesia. A creative soul with a restless mind who’s not afraid of trials and errors and then shares them to the world. Has a Youtube channel about sewing-and-design-related stuff. Been attached to the internet since 1998. This blog is the digital documentation of my life journey and thoughts from time to time. Click here to read more about me. 

Join the email tribes!

Stay in touch and be the first to know whenever I update new content! Choose the mailing list based on your interests (you can sign up to one or all of them!). My mailing lists are where I share my freebies and tips and tricks!

 

On Youtube:

6 Comments

  1. gabriella

    Hai kak, thanks for the info. Aku jg kepengen beli iPad pro refurbished. Kalau dikirim via logistic services gitu bisa gk ya kak? Karena lagi pandemi gini kan mau nitip ke siapa jg yaa hahaha.. Thanks kak, would love to hear ur insight!

    Reply
    • cihudwardani

      Hi there, waduh belom pernah sih ya kayak gitu, dan kayaknya risky juga kapan sampenya dan belum lagi taxnya. tapi aq check juga saat ini stock barang refurbished di apple official lagi kosong tuh semenjak pandemi ini. mungkin banyak yg bored dan jadi beli ipad, hehe

      Reply
      • Dilla

        Ka aku mau tanya, untuk pembelian ipad dari luar kaya gini jadinya imeinya perlu didaftarin lagi ga ka di indo? Secara kan ipad ada yang cuma wifi only jadi apa harus didaftarin atau aman aman aja kalo ga didaftarin? Kebetulan aku juga mau beli ipad air wifi only di us, tapi galau nanti imeinya ke blokir ga kalo ga didaftarin? Since ini wifi only harusnya gimana ka?

        Reply
        • cihudwardani

          Sepertinya sih gk kenapa2 soalnya dari beli sampe skrg aq gk pernah dftr apa2 dan it is still working fine until now 🙂

          Reply
  2. Kusuma

    Hi kak, ada buka jastip juga gak? Gak punya kenalan di US haha XD salam kenal kak, blognya nyenengin!

    Reply
    • cihudwardani

      No, i dont. hehe, cari aja di instagram banyak, hehe

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About the gal

Hey there!

I'm Citra Ayu, a fashion designer-turned-graphic designer, living her best life in Bali, Indonesia. A creative soul with a restless mind who’s not afraid of trials and errors and then shares them to the world. Has a Youtube channel about sewing-and-design-related stuff. Been attached to the internet since 1998. This blog is the digital documentation of my life journey and thoughts from time to time. Click here to read more about me. 

Join the email tribes!

Stay in touch and be the first to know whenever I update new content! Choose the mailing list based on your interests (you can sign up to one or all of them!). My mailing lists are where I share my freebies and tips and tricks!

 

On Youtube:

More posts on the blog

Get in touch!

Wanna say 'Hello'? Awesome! I'd love to hear from you! But first, HOUSE RULES1.) Be Nice, 2.) Don't try to pitch me anything. Cool with that? Fill out the form below and I'll get in touch with you 😀 

8 + 13 =